Siapa Kandidat Kuat Kapolri Pengganti Jenderal Timur Pradopo??





Awal tahun depan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo baru akan pensiun. Namun Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah berencana mengganti Kapolri pada Agustus atau September tahun ini.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Saputra Hasibuan mengatakan, kini komisi telah bekerja keras mengumpulkan nama-nama yang pantas menggantikan Timur.

"Ada delapan nama yang potensial, bintang tiga dan dua. Yang penting kan memenuhi syarat minimal, calon harus masih akan menjabat dua tahun. Sebagian besar bintang tiga pensiun tahun ini, tapi kan bintang dua bisa naik pangkat," kata dia.

Namun Edi menolak menyebut delapan nama itu. Dia hanya memberi gambaran bahwa calon kapolri nanti, selain diterima institusi kepolisian, juga harus diterima oleh rakyat luas.

Pun demikian dengan anggota kompolnas lain, Adrianus Meliala. Rabu, 3 April 2013 lalu Meliala sempat mengatakan, kompolnas sudah membentuk tim. "Begitu nanti Presiden panggil kami, kami sudah siap sampaikan delapan nama," ujarnya.

Dalam catatan kepolisian, saat ini ada tujuh orang berpangkat bintang tiga, misalnya Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Sutarman, Kepala Baharkam Komjen Oegroseno, Kepala Bagian Intelkam Komjen Imam Soejarwo, Irwasum Komjen Fajar Prihantoro.

Selain itu ada nama Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Anang Iskandar, Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Budi Gunawan, dan Wakil Kepala Polri Nanan Sukarna. Namun lima di antara mereka akan pensiun tahun ini dan tahun depan, misal Imam Soejarwo, Fajar, Nanan, Oegroseno.

Padahal, syarat menjadi kapolri yang diajukan kompolnas minimal menjabat dua tahun lagi. Oleh sebab itu, pengganti Timur kabarnya berasal dari angkatan 82, 83 dan 84. Berikut 7 nama yang disebut-sebut layak memimpin Polri:

Follow On Twitter